Putri Dian Pratiwi

Guru Bimbingan Konseling di SMPN 2 Cibinong, Kab. Bogor. Aktif dalam kepengurusan MGBK SMP Kab. Bogor. Kini sedang mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.&...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEDA GENERASI

BEDA GENERASI

Berkomunikasi dengan remaja itu susah susah gampang. Kecepatan cara berpikir remaja tentunya berbeda dengan kecepatan loading orang tuanya. Selain itu, mereka pun lebih kritis dan senang menentang. Maka sebagai orang tua, kita harus siap dengan letupan-letupan kecil saat berhadapan dengan remaja. Belum lagi mereka sering mengajak kita naik roaler coaster, bikin jantungan terus dengan kejutan-kejutan kecil.

Namun begitu, bukan alasan bagi orang tua menutup pintu komunikasi dengan remaja. Justru dengan mencoba mendekati dan beradaptasi dengan segala perubahan pada diri remaja dapat membuka peluang mendekati mereka.

Ketika malam tadi saya memulai menulis, anak sulung saya menghubungi melalui Whatsapp. Otomatis kegiatan menulis terhenti sejenak. Luar biasa ngobrol dengan remaja. Seperti contoh di bawah inilah.

Anak: (kirim gambar yang kesimpulannya ATTITUDE adalah yang terpenting)

Saya: Betuulll 👍👍👍

Anak: Don't mind the whiskey

Saya: Apa tuh artinya?

Anak: Ibu gak tau whiskey?

Saya: Tau

Anak: Jenis minuman keras

Saya: Maksudnya apa?

Anak: Oh, this? (menunjuk tulisan “Don't mind the whiskey”)

Saya: Yes

Saya: (saya pikir “Don't mind the whiskey” punya arti tertentu, jadi say acari di google. Lalu muncul judul lagu) Oalah... Judul lagu?

Saya: Eh salah 😅 (sadar bahwa judul lagu di Google itu “Must be the whiskey”. Beda dengan tulisan anak)

Anak: Judul lagu?

Saya: Betul ya?

Saya: Must be the whiskey? (Saya mulai ragu)

Saya: Emang enak?

Anak: Gak tau

Anak: Kata peminum nah enak

Anak: Gak pernah nyoba dan gak akan pernah

Saya: Lagunya (Haduh… Gak nyambung ternyata)🤦

Saya: hahaha… 😆

Anak: udahlah

Anak: Beda generasi kita

Saya: Nya (iya) makanya kasih tau

Saya: Maksudnya ini apa (menunjuk pada tulisan “Don’t mind the Whiskey”)

Saya: Biar Ibu ngerti gituh (masih berusaha alias ngotot pengen nyambung ngobrol sama anak)

Anak: Beda pemikiran

Saya: Kasih tau aja napa

Saya: Apan kamu ujug-ujug ngetik begitu (Kan kamu yang tiba-tiba ngetik begitu)

Anak: Ibu udah liat full image nya belom?

Saya: Itu aja (menujukkan foto hasil pencarian di Google tentang lagu Must be the Whiskey)

Saya: Ga diputar videonya

Saya: Lagi denger musik 😛

Anak: Itu bukan yang aku maksud

Saya: Oo... Pantes teu nyambung (pantas gak nyambung). Hahaha…

Saya: Makanya kasih tau aja 😆

Anak: Ibu udah liat full imagenya belum? (menunjuk pada gambar awal yang ada tulisan ATTITUDE)

Saya: Oalaaahhhhh. Hahahaha….

Saya: Okelah....aku yang salah. Hahaha.. 🤣🤣🤣

Saya: Tadi cuma baca sampe ATTITUDE

Sebuah pembelajaran, kawan. Kalau membaca itu harus CERMAT dan TUNTAS. Haha…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi orang tua dari anak-anak kekinian, harus banyak baca yang kekinian juga, rupanya ya Neng, biar nyambung dengan mereka. Begitupun bapak ibu, guru.

10 Jun
Balas



search

New Post